Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi adalah program studi jenjang diploma empat atau sarjana sain terapan dibidang teknik sipil khususnya keahlian manajemen proyek konstruksi. Dengan perpaduan antara teori manajemen dan ilmu teknik sipil serta praktek kerja yang cukup banyak lulusan Prodi D4 Manajemen Proyek Konstruksi mampu menjadi tenaga profesional tingkat sarjana atau strata satu bidang manajemen proyek konstruksi. Mereka berkompeten sebagai perencana, pengawas maupun sebagai kontraktor bidang jasa konstruksi.

Profil Lulusan

  1. Kepala Pelaksana Bangunan
  2. Ahli Manajemen Konstruksi
  3. Ahli Perawatan Bangunan Gedung (Building Maintenance Engineer)
  4. Ahli Pengawas Konstruksi
  5. Cost Estimator
  6. Tim Leader Konsultan Supervisi ( Jasa Pengawas Pekerjaan Konstruksi)
  7. Inspektor Lapangan

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama :

  1. Mampu Mengelola Pelaksanaan Pembangunan Proyek
  2. Mampu Mempersiapkan dan mengendalikan pelaksanaan pekerjaan persiapan dilapangan
  3. Mampu Mempersiapkan dan mengendalikan pelaksanaan pekerjaan pokok di lapangan
  4. Mampu Mempersiapkan dan mengendalikan pelaksanaan pekerjaan – pekerjaan masa pemeliharaan serta pra–pengoperasian termasuk laporan akhir proyek
  5. Mampu Mengawasi dan Menerapkan Standar Mutu Pada Pemilihan Bahan Bangunan
  6. Mampu Mengkoordinir Pelaksanaan Pengukuran dan Pematokan Lokasi Bangunan
  7. Mampu Menerapkan Prinsip-Prinsip Struktur Pada Pembangunan Proyek
  8. Mampu Menyampaikan Laporan Teknik dan Administrasi Proyek
  9. Mampu menguasai, mempersiapkan dan mengendalikan pekerjaan – pekerjaan yang terkait dengan fungsi manajemen seperti diatur dalam dokumen kontrak beserta addendum dan amandemen
  10. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Ruang Lingkup (Scope Management)
  11. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Waktu (Time Management)
  12. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Biaya (Cost Management)
  13. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Mutu (Quality Management)
  14. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Sumberdaya Manusia (Human Resources Management)
  15. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Komunikasi (Communication Management)
  16. Mampu Menerapkan sistem Manajemen Pengadaan (Procurement Management)
  17. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Risiko (Risk Management)
  18. Mampu Menerapkan Sistem Manajemen Klaim (Claim Management)
  19. Mampu Mengelola pekerjaan perawatan komponen-komponen bangunan
  20. Mampu Mengkoordinir pelaksanaan pengujian kelayakan hasil pekerjaan perawatan sesuai dengan persyaratan untuk difungsikan kembali.
  21. Mampu Mengkoordinir diagnosa permasalahan dan Membuat laporan.
  22. Mampu Menerapkan keselamatan dan kesehatan (K-3) dengan benar selama melakukan pekerjaan.
  23. Mampu Mempelajari & memahami Gambar kerja, spesifikasi teknis, kontrak dan dokumen-dokumen terkait.
  24. Mampu Membentuk organisasi pengawas lapangan (field inspector).
  25. Mampu Memantau jadwal pelaksanaan, Mengkoordinir tim pengawas pekerjaan, Membuat laporan hasil pemeriksaan, Memeriksa pengajuan pekerjaan tambah / kurang dan laporan kemajuan pekerjaan
  26. Mampu menerapkan Project Administration and Management  (Manajemen dan Administrasi Kontrak)
  27. Mampu menerapkan Financial Management and Control (Manajemen dan pengawasan pendanaan)
  28. Mampu Menerapkan UUJK, K3 dan ketentuan pengendalian lingkungan kerja.
  29. Mampu Melakukan penguasaan dokumen pengadaan jasa konstruksi.
  30. Mampu Mengikuti rapat penjelasan pekerjaan dan peninjauan lapangan serta melakukan survai sumber daya
  31. Mampu Bekerja sama dengan tim tender dalam menyiapkan rencana pelaksanaan pekerjaan.
  32. Mampu Menghitung perkiraan biaya pekerjaan secara rinci untuk membuat penawaran.

Kompetensi Pendukung :

  1. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris
  2. Mampu membuat laporan teknik

Kompetensi Lainnya : 

  1. Mampu melakukan kerja sama dengan partner kerja diperusahan
  2. Mampu mengendalikan emosi
  3. Dapat bekerja dalam tekanan